Logo loader

Masyarakat Belum Siap Gunakan Aplikasi Mobile JKN

rsud.serangkota.go.id - Inovasi layanan ciptaan BPJS Kesehatan yaitu Aplikasi Mobile JKN dianggap sebagai solusi mempermudah konsumen dalam proses pendaftaran dan informasi mengenai produk produk terbaru milik BPJS Kesehatan. 

Sayangnya penerapannya dilapangan masih menimbulkan banyak gejolak di masyarakat, dari ketidakmampuan mengakses hingga sulitnya mendaftarkan diri karena sistem aplikasi mobile jkn yang dianggap rumit oleh pasien khususnya para lansia.

"Saya terkendala verifikasi wajah berkali kali gagal padahal sudah mengikuti intruksi dalam sistem," ujar suminaroh salah satu pasien yang tidak berhasil saat melakukan verifikasi wajah via aplikasi mobile JKN

Selain kendala verifikasi wajah, kendala lainnya yaitu masyarakat diwajibkan memiliki pulsa, email, dan handphone jenis tertentu agar bisa memperoleh akun mobile jkn. Sedangkan praktiknya dilapangan masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi dan pengetahuan digital untuk memiliki akses tersebut. 

Pihak BPJS Kesehatan pun tidak menempatkan pegawainya di setiap FKTP dan FKTRL guna membantu masyarakat yang kesulitan memiliki akun mobile JKN.

"Seharusnya ada pegawai BPJS yang membuatkan akun mobile jkn agar masyarakat yang memiliki keterbatasan bisa dengan mudah mengakses. semoga bisa menjadi bahan evaluasi agar kedepannya tidak menyulitkan masyarakat yang ingin menerima jaminan kesehatan dari negara," kata salah satu keluarga pasien yang keberatan dengan kehadiran aplikasi mobile JKN

Kota Serang terdiri dari 6 kecamatan dan 67 kelurahan.